Pages Menu
TwitterRssFacebook
BreakingNews
Categories Menu

Posted by on Oct 31, 2009 in Berita, Eksternal, Riset dan Kolaborasi |

Seminar Lokal & Demo OVERCLOCKING

Seminar Lokal & Demo OVERCLOCKING

Seminar Lokal & Demo OVERCLOCKING

Sesuai kegiatan rutin Jurusan Sistem Komputer untuk mengadakan seminar demo/workshop lokal FASILKOM, kali ini seminar & demo tentang OVERCLOCKING. Mungkin kata overclock mungkin menjadi bahasa asing bagi seorang pemula yang tertarik dibidang hardware. Tetapi bagi mereka yang sudah mahir dibidang hardwawe, kata tersebut merupakan sebuah kata baku dan digunakan dalam kehidupan sehari hari.

Seminar yang dibawakan oleh MODEAROT HARDWARE FORUM FASILKOM M. Ikhsan dan M.gs. Ayatullah Farhan, para pemateri memperlihatkan kemampuan praktikalnya dalam menjelaskan tentang OVERCLOCKING, acara yang dihadiri lebih kurang 60 mahasiswa sangat antusias dalam setiap penjelasan yang diberikan,

Dikatakan untuk melakukan overclock mencapai titik optimal, diperlukan hardware pendukung; yang pasti tentunya adalah heatsink yang lebih baik, dan juga power supply murni. Power supply yang disarankan adalah yang memiliki rating minimal 550watt. Ini dengan pertimbangan beban load yang akan naik berbanding lurus dengan kenaikan voltase dan kecepatan. Motherboard tentunya harus memiliki kemampuan untuk di overclock.

Tidak perlu sebuah motherboard yang memang diciptakan khusus untuk melakukan overclocking karena kita memang tidak akan menggunakan nya sampai batas maksimal. Umumnya motherboard terbaru sudah memiliki fasilitas untuk melakukan overclcoking, sehingga pilihan cukup beragam.begitu yang bagian yang dibawakan oleh kedua mahasiswa ini.

Kedua mahasiswa ini mendemokan bagaimana melakukan OVERCLOCKING dan memperlihatkan film pendek tentang Overclocking Extreame. secara detil mereka memberikan penjelasan bagaimana step by stepnya, tentang setting FSB, voltase, CAS/RAS, dan sebagainya yang selalu melakukan benchmarking dengan sw atau tools tertentu.

Acara yang dibuka resmi oleh ketua jurusan Sistem Komputer FASILKOM , dalam sambutannya beliau mengatakan acara seperti ini sudah beberapa kali dilakukan dan akan terus dilakukan secara rutin setiap semesternya (seminar lokal lainnya). Antusias mahasiswa sangat terlihat karena materi yang disampaikan menjadi pelengkap bagi matakuliah seperti PTI atau KTI serta ORKOM. diharapkan kegiatan ini dapat meningkatkan kemampuan praktikal mahasiswa dan antusias terhadap bidang tertentu.