Pages Menu
TwitterRssFacebook
Recent From
Categories Menu

Posted by on Apr 9, 2018 in Berita, Slider |

Bootcamp Linux Security

Bootcamp Linux Security

[INDRALAYA] – Para mahasiswa/i yang tergabung dalam Comnets Research Group bekerja sama dengan NAC (Network Administration Club) dan NeoCom (Neo Computer), pada hari Sabtu dan Minggu (7-8 April 2018) telah melaksanakan acara Comnets Bootcamp yang bertempat di Laboratorium Comnets Gedung A lt 2 Fasilkom Unsri Kampus Indralaya.

Tujuan dari diadakannya acara Comnets Bootcamp tersebut adalah untuk menyaring generasi baru Comnets Research Group, dengan menambah minat dan bakat mereka yang dimulai dari pengenalan Network Security. Manfaat yang dapat diambil dari acara tersebut pun sangat banyak, misalnya membuka wawasan mahasiswa Fasilkom Unsri, agar dapat memahami lebih dalam mengenai Network Security khususnya untuk mahasiswa angkatan 2016 dan 2017. Acara Comnets Bootcamp ini diikuti oleh 23 peserta.

Pada hari pertama (07/04), pembukaan Comnets Bootcamp yaitu pada pukul 08.30 WIB, yang kemudian dilanjutkan dengan perkenalan peserta oleh MC. Pemateri pada hari pertama adalah Johan Wahyudi selaku
anggota Comnets Research Group bidang Information Security, dimana pada hari tersebut terdiri dari lima materi, yaitu: Linux Security Problem, Remote Authentication, Linux Security Distros, Local Authentication in Linux, dan Configuring a Secure and Optimized Kernel.

Pada hari pertama, acara Comnets Bootcamp selesai pukul 16.30 WIB. Di hari kedua (08/04), acara dibuka pada pukul 09.00 WIB oleh MC. Setelah pembukaan, acara dilanjutkan dengan pengisian materi oleh Sasut Valianta selaku anggota Comnets Research Group bidang Information Security, dimana beliau menjelaskan materi tentang Network Security dan Local File System Security sampai pukul 12.00 WIB, kemudian dilanjutkan dengan istirahat sholat dan makan sampai pukul 13.00 WIB. Setelah isoma, materipun dilanjutkan kembali yang membahas tentang securing apps from 0day vulnerability remote attack sampai pukul 15.00 WIB. Setelah penjelasan materi dari Sasut usai, acara Comnets Bootcamp dilanjutkan dengan pematerian oleh Johan, dimana beliau menyampaikan materi tentang Gaining a root on a vulnerable Linux system dan security monitoring and logging sampai 16.30. Diakhir acara, Comnets Bootcamp ditutup dengan foto bersama antara panitia, pemateri, dan peserta.

Kemudian setelah foto bersama, NeoCom selaku sponsor memberikan reward berupa desain vector atau smudge art gratis kepada M.Rizallul H dan Annisa Septiani yang terpilih sebagai peserta teraktif dalam acara Comnets Bootcamp. (Fepiliana)